Resep dawet ayu banjarnegara


Minuman es segar berbahan cendol hijau dicampur dengan kuah santan dan gula merah yang berasal dari kota Banjarnegara Jawa Tengah memang cukup populer dengan sebutan Dawet Ayu Banjarnegara.
Kata Ayu sendiri memiliki pengertian Cantik, menurut mitos yang ada jika Anda wanita yang meminum Es Dawet Ayu Banjarnegara akan terasa sepuluh tahun lebih muda dan tetap Cantik..he3x..
dawet ayu
Dawet ayu Banjarnegara
Mungkin mitos tersebut berasal dari rasa segarnya Dawet Ayu Banjarnegara sehingga mampu menghapus lelah, gerah dan panas sehingga menjadi segar dan bersemangat setelah meminum Dawet Ayu Banjarnegara.

Jika Bunda kebetulan jauh dari Kota Banjarnegara dan belum pernah mencicipi kesegaran Dawet ayu Banjarnegara, maka resep membuat Dawet Banjarnegara di bawah ini bisa Bunda coba buat di rumah dan rasanya juga tidak kalah dengan aslinya jika di Banjarnegara, namun jaminan lebih muda setelah meminum Dawet Ayu Banjarnegara admin tidak menjaminnya ya..he3x, silahkan dicatat resepnya..

Bahan membuat dawet ayu

  1. Tepung hunkwe, 1 bungkus.
  2. Air bersih 600 ml.
  3. Daun padan/daun suji, untuk diambil airnya 100ml.
  4. Garam, 1sdt.
  5. Gula merah, iris pipih, 500gr.
  6. Es Batu.

Membuat kuah santan dawet ayu.

  1. Santan kelapa segar, 1Ltr.
  2. Garam ½ sdt.
  3. Daun pandan 2 lbr.

Cara membuat cendol dan dawet ayu Banjarnegara.

  1. Campur tepung hungkwe, air perasan daun pandan/suji, garam kemudian aduk hingga tepung hungkwe larut dan berwarna hijau.
  2. Panaskan campuran tepung tersebut sambil diaduk hingga adonan menggumpal dan matang.
  3. Siapkan cetakan cendol, bisa menggunakan ayakan aluminium lubang-lubang. Tuang adonan hungkwe yang sudah menggumpal ke cetakan cendol kemudian tekan dengan sendok supaya adonan keluar lewat lubang ayakan dan berbentuk cendol kecil-kecil, lakukan hingga adonan habis.
    saringan cendol
    Mencetak cendol
  4. Rebus irisan gula merah dengan air hingga benar-benar larut dan kental, sisihkan dan angkat larutan gula tersebut.
  5. Panaskan/rebus santan, garam dan juga daun panda dengan api kecil sambil diaduk supaya larut.
  6. Masukkan cendol, kuah santan, gula merah dan es batu maka Es Dawet Banjarnegara siap disajikan dan dinikmati kesegarannya.
Demikian resep dan cara membuat Es Dawet Ayu Banjarnegara dari Propinsi Jawa Tengah, semoga artikel ini bisa membantu Bunda yang ingin membuat minuman tradisional yang segar tersebut. Semoga bermanfaat.

Sumber foto : izzawa.wordpress dot com dan visitingjava.wordpress

0 Response to "Resep dawet ayu banjarnegara"

Posting Komentar