Resep Membuat Manggleng Singkong


Manggleng, merupakan camilan ringan yang terbuat dari bahan dasar ubi tanah atau singkong yang dipotong tipis-tipis kemudian digoreng kering hingga seperti krupuk, ada yang menyukai cukup
digoreng biasa saja namun ada juga yang menyukai manggleng dengan bumbu bestak manis pedas. 
Manggleng singkong
Namun untuk bumbu hanya masalah selera saja, camilan manggleng disamping mudah dan murah, camilan ini juga bisa disimpan hingga beberapa hari asalkan cara menyimpannya benar. 

Berikut ini resep mudah membuat manggleng singkong :

  1. Singkong secukupnya, usahakan singkong yang empuk/mempur tidak magel/kacel dalam bahasa jawa supaya hasilnya renyah dan gurih.
  2. Potong-potong singkong kira-kira berukuran 3-4cm kemudian rebus hingga matang.
  3. Sesudah singkong matang direbus kemudian dinginkan dan potong tipis-tipis pipih memanjang,
    setelah proses pengirisan tipis-tipis selesai silahkan Ibu masukkan irisan singkong dimasukkan ke dalam kulkas untuk mengurangi kadar air.
  4. Dengan memasukkan ke dalam kulkas sebelum proses penggorengan bertujuan agar Manggleng tidak coklat hasilnya, namun tetap putih dan menarik.

Cara membuat Manggleng :

  • Goreng Manggleng yang sudah kering hingga matang, sampai disini cukup jika yang menyukai manggleng original tanpa bumbu manis pedas dan asin.
  • Untuk yang menyukai manggleng manis dan pedas bisa dengan mencairkan gula merah dengan air panas,tambahkan cabe merah yang sudah dihaluskan kalau ingin rasanya pedas kemudian panaskan gula merah hingga mendidih.
  • Masukkan manggleng yang telah digoreng kedalam wajan yang berisi gula merah yang telah dipanaskan,aduk sampai merata kemudian angkat dan dinginkan.

0 Response to "Resep Membuat Manggleng Singkong"

Posting Komentar