Resep nasi goreng enak ala kaki lima




Sering makan nasi goreng di warung-warung kaki lima jika malam hari tentu membuat rasa penasaran apa resep dan bumbunya, mengapa ketika kita membuat nasi goreng di rumah kok rasanya tidak bisa sama dengan nasi goreng yang biasa kita beli.
Tetap saja berbeda rasanya, begitu komentar teman-teman penyuka masakan nasi goreng ketika mencoba membuat sendiri nasi goreng di rumah. Resep dan kuliner mencoba mencari tahu rahasia resep nasi goreng ala kaki lima dan ternyata cukup simple dan praktis. Admin resep dan kuliner juga sudah mencobanya sendiri dan hasilnya cukup mendekati rasa nasi goreng ala kaki lima kok, silahkan Ibu dan Sahabat resep dan kuliner jika ingin mencoba, resepnya bisa dicatat di bawah ini.
Nasi goreng ala kaki lima

Bahan yang dibutuhkan.

  1. Nasi putih 1 piring, masukkan ke dalam kulkas dahulua 15 s/d 30 menit.
  2. Telur ayam 1 butir.
  3. Suwiran ayam secukupnya (optional).
  4. Daun bawang 1 batang, potong pipih kecil-kecil.
  5. Daun seledri 1 batang, digunakan untuk garnis.
  6. Cabai merah besar 1 pcs, potong pipih.

Bumbu nasi goreng.

  1. Kemiri 1 butir.
  2. Bawang putih besar 1 butir, kecil 1 butir.
  3. Bawang merah 1 butir.
  4. Garam secukupnya.
  5. Kecap secukupnya.
  6. Penyedap rasa secukupnya (optional).

Cara membuat nasi goreng ala kaki lima.

  1. Tumbuk bawang putih besar bersama kemiri dan garam hingga halus.
  2. Potong pipih bawang putih kecil dan bawang merah.
  3. Siapkan minyak goreng hingga benar-benar panas supaya kocokan telur tidak berbau amis ketika nasi goreng sudah matang.
  4. Masukkan irisan bawang merah dan bawang putih ke dalam minyak goreng panas, sangria hingga harum kemudian masukkan kocokan telur ayam.
  5. Orak-arik telur ayam hingga matang dan hancur, masukkan bumbu halus tumbukan bawang dan kemiri ke dalam minyak wajan bersama telur yang sudah menjadi orak-arik.
  6. Sangrai hingga harum, disusul masukkan potongan daun bawang dan cabai merah sangria hingga layu.
  7. Masukkan nasi putih bersama suwiran ayam jika menggunakan ayam, aduk dan orak-arik sambil menambahkan kecap dan garam sesuai selera hingga rasa dirasa sesuai selera dan nasi sudah tidak ada yang mengumpal putih.
  8. Jika dilihat nasi goreng sudah tercampur bumbu dengan merata dan nasi sudah terlihat mengering tidak ada yang menggumpal, maka nasi goreng bisa diangkat untuk disajikan bersama telur dadar atau telur mata sapi.

Resep di atas untuk 1 porsi nasi goreng, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


1 Response to "Resep nasi goreng enak ala kaki lima"