Tips mencuci kangkung dan sayuran air lainnya


Kangkung, selada air dan tanaman air lainnya memang enak dan lezat ketika dimasak agak setengah matang sehingga rasa sayurnya masih terasa.
Seperti Cah Kangkung, jika dimasak terlalu masak dan Kangkung terlalu layu dan lembek tentunya jadi kurang enak. Namun jika dimasak setengah matang, memakan Cah Kangkung akan terasa kreas-kreas enak dan sensasi sayurannya sangat terasa.
Kangkung segar, sumber foto hidroponikceria.com
Namun demikian, sayuran-sayuran air atau sayuran dengan banyak rongga dan lipatan sering kali rawan dan terdapat ulat kecil-kecil yang bisa tidak terlihat ketika kita cuci. Seperti Kangkung juga biasanya ada cacing, anak keong atau lintah di sela-sela daun atau bisa juga di dalam batang kangkung. 
cah kangkung
Cah Kangkung, sumber vemale.com
 Bahkan saya juga pernah menemui ulat yang begitu banyak di sela-sela Brokoli, warna ulatnya pun hampir sama dengan warna bunga Brokolinya.

Bagaimana cara membersihkan sayuran air supaya bersih benar ?

Binatang-binatang yang sering bersembunyi di dalam batang, lipatan daun atau sela-sela bunga Brokoli dan kembang Kol biasanya berupa ulat, lintah-lintah kecil, keong kecil dan cacing-cacing kecil juga.
  1. Untuk membersihkannya, Bunda cukup sediakan garam dapur 1 sendok makan kemudian masukkan ke dalam air dan rendam sayuran yang akan dimasak tersebut untuk beberapa saat. Biasanya binatang-binatan kecil yang menempel pada sayuran akan lepas dan keluar dengan sendirinya karena air rendamannya asin.
  2. Setelah selesai perendaman dengan air garamn, sayuran bisa Bunda cuci bilas kembali dengan air bersih.
Demikian Bunda, tips dan cara membersihkan sayuran air agar bersih dan terbebas dari kotoran hewan air seperti Cacing, Lintah, Ulat dan Keong-keong kecil yang menempel pada sayuran. Semoga bermanfaat.


1 Response to "Tips mencuci kangkung dan sayuran air lainnya"

  1. Ketika mau memasak kangkung saya lihat di air cucian kok ada lintahnya. Jd agak ngeri mau memasaknya. Tp dg tips ini saya sangat terbantu. Terima kasih. Salam kenal, boleh lihat blog saya bingkaiinspirasiku.blogspot.co.id

    BalasHapus