Tetap waspada dengan warna makanan Takjil yang terlalu ngejreng


Aneka jajanan Takjil banyak dijajakan di kios-kios, toko jajanan atau penjual dadakan di pinggir jalan. Lalu Takjil seperti apa yang Bunda sukai, mau berbentuk lucu, aneh atau berwarna-warna menggoda.
Mengutip dari blog simomot, kita tetap perlu selektif dan waspada dalam memilih jajanan Takjil untuk berbuka puasa apalagi jajanan Takjil dengan warna yang ngejreng dan berwarna menggoda. Mau tau sebabnya ?
Es mangga kurma, sumber flicker.com
Jajanan Takjil merupakan makanan favorit yang selalu diburu menjelang berbuka puasa, jajanan yang banyak diburu untuk dijadikan Takjil yang cukup favorit hingga saat ini yaitu seperti Kolak, aneka es, bubur kacang hijau, bubur ketan hitan, aneka kue manis, aneka bubur dan lain sebagainya.

Penyajian, kemasan dan juga warna makanan Takjil sering kali dibuat semenarik mungkin supaya dapat menarik perhatian calon pembelinya. Seperti warna yang sengaja dibuat ngejreng untuk menarik perhatian calon pembeli ketika melihatnya dan tergugah untuk menikmatinya.

Menurut pendapat ahli boga dan praktisi makanan Rudy Choiruddin seperti dilansir Tempo, selasa 01-07-2014. Jangan mudah terkecoh dengan makanan yang terlihat menarik dengan warna ngejreng. Yang perlu Bunda perhatikan ketika membeli Takjil, tetap perhatikan kualitas jajanan Takjil tersebut terutama dari sisi kesehatan.

Sedangkan menurut pendapat ahli gizi Ernita Saleh, dikutip dari simomot. Masyarakat jangan mudah tergoda membeli makana takjil dengan warna yang mencolok dan menarik yang justru menggunakan bahan perwarna kimia.

Selain penggunaan pewarna kimia yang menarik, penggunaan bahan pengawet makanan juga perlu diwaspadai, seperti penggunaan formalin atau borax yang belakangan cukup marak digunakan pada makanan seperti lontong, mie basah, bakso atau otak-otak. Demikian menurut ahli gizi Ernita Saleh.
Ibu. Ernita juga menjelaskan bahwasannya penggunaan bahan-bahan pengawet kimiawi pada makanan berpotensi membahayakan paru-paru, gangguan pada jantung, alat pencernaandan gangguan pada ginjal. 

Yang terparah dari penggunaan bahan pengawet kimia bisa memicu tumbuhnya kanker pada tubuh kita.
Akan lebih baik jika kita lebih selektif dalam memilih jajanan takjil dengan warna yang biasa-biasa saja dan tidak berwarna-warna ngejreng dan aneh-aneh, semisal warna kuning kunyit atau hijau dari warna pandan.

Membeli jajanan takjil atau membuatnya sendiri di rumah bisa Bunda pilih dan lakukan namun tetap harus selektif dan cermat, supaya jajanan yang kita santap tidak merugikan kesehatan bagi kita sendiri dan Keluarga. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tetap waspada dengan warna makanan Takjil yang terlalu ngejreng"

Posting Komentar