Makanan ini baik dikonsumsi setelah berpuasa


Sebagian orang cenderung mengabaikan makanan yang sehat, karena ketika berbuka puasa orang yang berpuasa lebih cenderung makan banyak tanpa memperhatikan kualitas makanan tersebut.

Menurut ahli gizi senior Healthtrendz, produk makanan sehat di Dubai, Lovely Ranganath, seperti diberitakan laman GulfNews.com, dikutip dari antaranews.com.

buah segar
Buah-buahan, baik dikonsumsi saat berbuka puasa
Ketika berbuka puasa, orang tidak memperhatikan kebutuhan akan air bagi tubuhnya sehingga berakibat pada dehidrasi, sedangkan dehidrasi pada tubuh bisa mengakibatkan kembung dan rasa tidak nyaman ketika berbuka puasa.

Ahli gizi Ranganath menyarankan beberapa makan yang baik untuk dikonsumsi saat berpuasa, atau pada bulan Ramadhan.
  • Buah-buahan segar, dengan mengkonsumsi buah-buahan segar merupakan cara yang baik untuk menganti dan mengisi elektrolit tubuh yang hilang atau berkurang karena berpuasa. Dengan buah segar bisa menyediakan karbohidrat lengkap dan komplek serta dilengkapi dengan serat untuk meningkatkan glukosa secara berangsur-angsur. Buah juga bisa membantu untuk meningkatkan pencernaan dalam tubuh.
  • Buah Kurma, buah Kurma kaya dengan Vitamin A, B6, Potasium, Sodium alami, magnesium dan besi. Kurma mampu menggantikan zat-zat vitamin tersebut yang kurang saat berpuasa, kandungan rasa manis dari gula di dalam buah Kurma juga bisa memberikan energi pada tubuh.
  • Kacang mentah, kacang mentah mengandung banyak lemak yang bisa melepaskan gula pada kurma secara bertahap, kacang juga bisa membantu perut terasa kenyang sehingga kita tidak perlu makan makanan dalam porsi banyak.
  • Daging, daging ayam dan ikan, jenis makanan ini banyak mengandung protein sehingga dengan mengkonsumsi makanan jenis ini akan membantu perut terasa kenyang lebih lama.
  • Roti, akan lebih baik jika jangan mengkonsumsi roti putih karena bisa menaik dan turunkan gula darah secara cepat sehingga bisa berakibat kita menjadi mudah terasa lapar.
  • Kacang panjang dan kacang polong, biasanya dicampurkan dalam sayur kuah atau berupa masakan sup.
  • Sayuran segar, sangat baik dikonsumsi  karena mengandung serat yang tinggi akan tetapi berkalori rendah. Dengan memakan sayuran segar bisa memberi banyak asupan gizi dan memperlancar pencernaan.
  • Air, perbanyak minum air putih atau air jeruk lemon karena air lemon baik untuk hati dan memberikan vitamin C serta mampu mensuplai kebutuhan air pada otot sehingga tidak mudah lelah saat berpuasa. Kurangi terlalu banyak minum teh karena bisa mengakibatkan menjadi sering buang air kecil dan bisa mengurangi garam mineral dalam tubuh. Selain teh, ada juga minuman lain yang perlu dihindari/dikurangi ketika berpuasa yaitu minuman bersoda, kopi serta minuman berkafein lainnya.

Hindari mengkonsumsi makanan gorengan !

Banyak mengkonsumsi makanan gorengan ternyata kurang baik saat tiba saat berbuka, gorengan menurut Ranganath hanya berisi lemak yang tidak dapat dicerna oleh hati sehingga akan mengendap sebagai lemak yang berakibat menimbulkan  keasaman.


0 Response to "Makanan ini baik dikonsumsi setelah berpuasa "

Posting Komentar