Resep Kue Klepon



Kue Klepon, kue jajan pasar asli Indonesia yang identik dengan warna hijau bertabur parutan kelapa atau biasa disebut ampas dalam bahasa Indonesia. Selain klepon warna hijau saat ini juga ada yang mengkreasikan klepon dengan warna merah muda/pink.
Satu yang unik dari klepon adalah isi di dalam kue klepon yang berisis gula merah cair, menambah sensasi tersendiri ketika kita gigit di dalam mulut..gula cair di dalam klepon akan muncrat keluar sehingga menambah sensasi rasa lain yaitu rasa manis di mulut.
 
Kue klepon sendiri terbuat dari bahan dasar tepun ketan sebagai bahan bola-bola kue klepon dengan diisi gula merah/kelapa, untuk membuatnya juga tidak terlalu sulit. Untuk itu resep kuliner ingin mengulasnya disini resep membikin sendiri kue klepon di rumah. Berikut resep bikin klepon kue jajanan pasar tradisional asli Indonesia.
resep membuat klepon
Kue Klepon

Bahan kue klepon :


  • 250 gram tepung ketan
  • 225 ml air hangat
  • 30 lembar daun suji, tumbuk
  • 1 sdm air kapur sirih
  • ¼ sdt garam
  • 100 gram gula merah, sisir
  • ½ buah kelapa setengah tua, parut kasar, kukus bersama ¼ sdt garam selama 10 menit
  • 1 lembar daun pandan

Resep cara membuat kue klepon :


  1. Beri 1 Sdm air pada daun suji yang akan kita ambil airnya sebagai pewarna kue klepon, kemudian remas/peras daun suji, sampai airnya berwarna hijau kemudian disaring.
  2. Selanjutnya campurkan tepung ketan, air kapur sirih dan garam, aduk hingga benar-benar rata.
  3. Jika sudah, tuangkan air perasan daun suji yang sudah disaring ke dalam adonan tepung ketan ditambah air hangat, aduk-aduk/uleni hingga adonan rata dan kalis
  4. Siapkan air rebusan yang sudah mendidih di dalam panci, mulai membuat bulatan-bulatan kue klepon dengan mengambil 1 sendok teh adonan, letakkan gula merah ditengah adonan lalu bentuk bulat-bulat.
  5. Masukkan bulatan-bulatan kue klepon ke dalam rebusan air mendidih hingga matang dan terapung, lalu angkat dan tiriskan.

Lebih baik adonan yang belum dibentuk ditutupi dengan kain atau plastik agar tidak kering karena adonan akan kaku dan sulit dibentuk. Jika sudah terlanjur, kita bisa menambahkan 1-2 sdt air, aduk rata baru kemudian bisa dibentuk.


0 Response to "Resep Kue Klepon "

Posting Komentar