Mengenal biji keluwak




Mengenal biji kluak, kluwek, keluwek atau kepayang namun untuk orang sunda biasa menyebutnya picung dan orang Jawa Tengah biasa menyebutnya Pucung atau Keluwek.
Biji pada keluwek biasa dipakai sebagai bumbu dapur pada beberapa resep masalan di Tanah Air, masakan yang biasa menggunakan Keluwek sebagai bumbunya yaitu seperti Sup Konro, Rawon, Brongkos dan Daging bumbu Keluwek.
Biji Keluwek
Selain digunakan sebagai bumbu masakan di Indonesia, Keluwek juga digunakan sebagai pewarna dalam membatik. Biji Keluwek jika masih mentah juga sangat beracun yaitu mengandung asam sianida dalam konsentrasi yang tinggi, sehingga pada jaman dahulu biji Keluwek juga dimanfaatkan sebagai racun pada anak panah untuk berburu.

Biji Keluwek beracun jika dalam kondisi mentah, namun jika sudah dimasak dan matang biji Keluwek justru bisa dijadikan bumbu masakan.

Keluwek bisa kita dapatkan di pasar-pasar tradisional atau di super market, biasanya Keluwek bisa kita peroleh di kelompok bumbu dapur masakan atau jika di pasar tradisional Keluwek pisa kita beli di penjual biji jamu-jamuan. Semoga bermanfaat..

0 Response to "Mengenal biji keluwak"

Posting Komentar