Resep minuman hangat jahe susu


Jahe identik dengan hangatnya, ya rempah-rempah dari Indonesia ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai bumbu masakan terutama untuk menghilangkan bau amis pada masakan ikan. Selain sebagai bahan bumbu rempah,
jahe juga enak dan bisa dibuat aneka minuman seperti Wedang Ronde dan Minuman penghangat badan yaitu Jahe susu.
Jahe susu
Minuman jahe susu sering dijual di warung-warung malam hari atau di kafe-kafe, biasanya orang mencari minuman hangat jahe susu digunakan sebagai penghangat tubuh dan pengusir masuk angin di malam hari. Untuk meminum minuman hangat Jahe susu kita juga tidak perlu pergi keluar malam-malam hanya sekedar ingin membeli wedang jahe susu. Kita bisa membuat sendiri Jahe susu di rumah dengan bahan dan resep yang tertulis di bawah ini.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat jahe susu.

  1. 700 gr untuk dikupas, dibakar dan dimemarkan.
  2. 5.200 ml air
  3. 4 sendok makan susu kental manis
  4. 120 gram gula merah
  5. 700 gram gula pasir
  6. 14 butir buah kapulaga
  7. 3 batang (5 cm) kayu manis
  8. 14 butir cengkih

Cara membuat jahe susu.

  1. Pertama-tama, rebus air bersama jahe, kayu manis, cengkeh, kapulaga, gula pasir, gula merah. Waktu perebusan lakukan pengadukan bahan-bahan tersebut supaya tercampur dan larut merata.
  2. Jika sudah larut dan merata, akan lebih baik jika terus disaring sehingga air wedang jahe terpisah dari ampas-ampas jahenya.
  3. Untuk membuat wedang Jahe susu, cukup tambahkan susu manis dan tuangkan wedang jahe tersebut kemudian diaduk hingga tercampur merata.


0 Response to "Resep minuman hangat jahe susu"

Posting Komentar