Waspadai jajanan anak di sekolah


Mengutip dari sebuah media online di internet tentang sidak jajanan anak di sekolah yang dilakukan oleh BPOM DKI Jakarta, mengatakan bahwasannya makanan dan jajanan anak yang dijual di sekolah masih cukup banyak yang berbahaya dan bisa dikatakan tidak layak dikonsumsi oleh buah hati kita.

Dengan semakin beragamnya aneka jajanan anak dan dengan semakin sengitnya persaingan antar produsen dan pedagang makanan kecil untuk anak-anak menjadikan produsen dan pedagang jajanan anak sering kali menempuh berbagai cara untuk membuat jajanan dan makanan terlihat enak dan menarik meskipun hal tersebut sebenarnya tidak lazim dan berbahaya.

Jajanan anak di sekolah
Baru-baru ini Ketua BPOM DKI Jakarta Ibu. Dewi Prawitasari dikutip dari lintas.me mengungkapkan bahwa tahun ini sekitar 9,37 % dari 416 sampel makanan yang diambil di sekolah-sekolah tidak memenuhi syarat dan tidak layak untuk dikonsumsi.

Dalam sampel makanan yang diambil penjual jajanan dan makanan di sekolah-sekolah di DKI Jakarta ditemukan penggunaan formalin, boraks, rodhamin B, methanyl yellow untuk unsur kimianya. Sedangkan unsur organisme ditemukan bakteri Escherichia coli yang biasa ditemukan di es-es dan sirup-sirup yang banyak disukai anak-anak ketika membeli jajanan minuman di sekolah.

Bukankah kita tidak ingin anak-anak kita mengkonsumsi makanan dan jajanan yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang tidak layak untuk dimakan.

Bukannya kita melarang anak-anak untuk berhenti total membeli jajanan di sekolah namun edukasi dan pengertian agar anak bisa memilah membeli makanan yang layak konsumsi dan sehat akan bisa memberi wawasan pada anak tentang makanan yang sehat dan layak dikonsumsi, semisal untuk minuman kita beri pengertian agar anak-anak membeli minuman air putih dalam kemasan yang terpercaya saja ketika terpaksa membelinya di sekolah.

Jadi peran dan edukasi kita sebagai orang tua kepada anak sangat diperlukan supaya anak-anak bisa menerima dengan mudah alasan kita agar anak-anak lebih memilih dalam membeli jajanan di sekolah.

Sumber gambar/foto : mindtalk dot com


0 Response to "Waspadai jajanan anak di sekolah"

Posting Komentar